STUKTUR DIREKTORI DAN FILE LINUX

1.Sturuktur Direktori

    Struktur direktori Linux atau sistem yang mirip seperti Unix sangat menyulitkan untuk pemakai baru, terutama bila ia baru saja bermigrasi dari Windows. Pada Windows, semua program meng-install data mereka pada direktori "Program Files." Hal seperti ini tidak terjadi di Linux. Sistem direktori mengkategorikan semua data file yang di-install. Berikut adalah keseluruhan struktur beserta apa yang dimuatnya:


/ - Root direktori yang membentuk basis sistem file. Semua file dan direktori secara logis ada didalam root direktori tidak perduli dengan lokasi fisik mereka.

/bin - Memuat program yang dapat dieksekusi yang merupakan bagian dari sistem operasi Linux. Banyak perintah Linux seperti cat, cp, ls, more, dan tar terletak pada /bin.

/boot - Memuat Linux Kernel dan file lain yang dibutuhkan LILO dan GRUB boot manajer.

/dev - Memuat semua file perangkat keras. Linux memperlakukan semua perangkat keras komputer seperti sebuah file yang spesial. Semua file seperti ini terletak di /dev.

/etc - Memuat semua sistem konfigurasi file dan skrip instalasi pada /etc/rc.d sub direktori.

/home - Direktori Home menyimpan semua direktori home user.

/lib - Memuat file library, termasuk modul driver yang dapat diisi pada sistem boot.

/lost+found - Direktori untuk file yang hilang. Semua partisi disk memiliki direktori lost+found.

/media - Direktori untuk mounting removable media seperi drive CD-ROM, floopy disk dan zip drive.

/mnt - Direktori untuk mounting filesistem sementara.

/opt - Data - data instal/copy untuk aplikasi opsional .

/proc - Direktori istimewa untuk sistem file virtual. Ia mencakup informasi mengenai berbagai aspek sistem Linux.

/root - Direktori Home untuk root user.

/sbin - Memuat file administrasi yang dapat dieksekusi seperti mount, shutdown, umount.

/srv - Memuat data untuk layanan (HTTP, FTP, etc.) yang ditawarkan sistem.

/sys - Direktori spesial yang memuat informasi mengenai perangkat keras seperti yang terlihat oleh Linux.

/tmp - Direktori yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Isi dari direktori ini dibersihkan setiap sistem boot.

/usr - Memuat sub direktori untuk banyak program seperti sistem X Windows.

/usr/bin - Memuat file yang dapat dieksekusi untuk banyak perintah Linux yang bukan merupakan bagian dari OS Linux.

/usr/include - Memuat file - file header dari bahasa pemrograman C dan C++.

/usr/lib - Memuat file - file library untuk bahasa pemrograman C dan C++.

/usr/local - Memuat data lokal. Ia memuat direktori yang sama seperti /usr.

/usr/sbin - Memuat perintah - perintah administratif.

/usr/share - Memuat data yang dipakai oleh banyak user sekaligus, seperti file konfigurasi default, gambar dan dokumentasi.

/usr/src - Memuat source codeuntuk Linux kernel.

/var - Memuat bermacam sistem file seperti log, direktori mail, print dan lain - lain. Yang sering kali terus berubah isinya.

/var/cache - Area penyimpanan untuk cache data berbagai aplikasi.

/var/lib - Memuat informasi tentang status aplikasi - aplikasi yang ada. Aplikasi memodifikasi direktori ini saat mereka bekerja.

/var/lock - Memuat file yang dikunci agar hanya dapat dipakai oleh satu aplikasi saja.

/var/log - Memuat log dari aplikasi yang berbeda.

/var/mail - Memuat email pemilik.

/var/opt - Memuat data variabel untuk paket yang disimpan di direktori /opt.

/var/run - Memuat data yang menjelaskan sistem sejak pertama kali dijalankan.

/var/spool - Memuat data yang menunggu untuk diproses.

/var/tmp - Memuat file sementara, isi direktori ini tidak dihapus saat sistem dimatikan.


2.File Linux

Halaman manual ini dokumen versi 3,39 dari perintah file.
Berkas tes setiap argumen dalam upaya untuk mengklasifikasikan itu. Ada tiga set tes, dilakukan dalam urutan ini: filesystem tes, tes angka ajaib, dan tes bahasa. Uji pertama yang berhasil menyebabkan jenis file yang akan dicetak.

Jenis dicetak biasanya akan berisi salah satu dari kata-kata teks (file hanya berisi mencetak karakter dan beberapa karakter kontrol umum dan mungkin aman untuk membaca pada sebuah terminal ASCII), executable (file berisi hasil kompilasi sebuah program dalam bentuk dimengerti untuk beberapa kernel UNIX atau yang lain), atau data yang berarti hal lain (data biasanya `biner 'atau non-cetak). Pengecualian adalah format file terkenal (file inti, arsip tar) yang diketahui mengandung data biner. Ketika memodifikasi file / usr / share / magic atau program itu sendiri, melestarikan kata kunci tersebut. Orang-orang bergantung pada tahu bahwa semua file dapat dibaca dalam sebuah direktori memiliki teks kata ''dicetak. Jangan melakukan seperti Berkeley lakukan dan mengubah teks perintah shell '' untuk shell script. Perhatikan bahwa file / usr / share / magic dibangun secara mekanis dari sejumlah besar file kecil di Magdir subdirektori dalam distribusi sumber dari program ini.

Pengujian sistem berkas didasarkan pada memeriksa kembali dari stat (2) system call.Memeriksa program untuk melihat apakah file kosong, atau jika itu semacam file khusus. Setiap jenis file yang dikenal sesuai dengan sistem anda berjalan pada (soket, link simbolik, atau pipa bernama (FIFOs) pada sistem-sistem yang mengimplementasikannya) yang berintuisi jika mereka didefinisikan dalam sistem file header Lt sys] /] stat.hGt .

Pengujian angka ajaib yang digunakan untuk memeriksa file dengan data dalam format tetap tertentu. Contoh kanonik ini adalah executable biner (program yang dikompilasi) file a.out, format yang didefinisikan dalam a.out.h dan mungkin exec.h dalam standar ini termasuk direktori. File-file ini memiliki sejumlah `ajaib 'disimpan di tempat tertentu dekat awal file yang memberitahukan sistem operasi UNIX bahwa file tersebut adalah executable biner, dan yang dari beberapa jenis daripadanya. Konsep `angka ajaib 'telah diterapkan oleh ekstensi untuk file data. Setiap file dengan invarian beberapa identifier di kecil tetap offset ke dalam file biasanya dapat digambarkan dengan cara ini. Informasi mengidentifikasi file ini dibaca dari file sihir dikompilasi / usr / share / magic.mgc, atau / usr / share / magic jika mengkompilasi file tidak ada.

Jika file tidak cocok dengan salah satu entri di file sihir, ia diperiksa untuk melihat apakah hal itu tampaknya menjadi file teks. ASCII, ISO-8859-x, non-ISO 8-bit extended-set karakter ASCII (seperti yang digunakan pada sistem Macintosh dan IBM PC), Unicode UTF-8-encoded, Unicode UTF-16-encoded, dan karakter EBCDIC set dapat dibedakan dengan rentang yang berbeda dan urutan byte yang merupakan teks dicetak di setiap set. Jika sebuah file melewati salah satu tes, set karakter yang dilaporkan.ASCII, ISO-8859-x, UTF-8, dan diperpanjang-ASCII file diidentifikasi sebagai teks ``''karena mereka akan kebanyakan dibaca di hampir setiap terminal; UTF-16 dan EBCDIC hanya data karakter karena ``'' , sementara mereka berisi teks, maka teks yang akan memerlukan terjemahan sebelum bisa dibaca. Selain itu, file akan mencoba untuk menentukan karakteristik lain dari file teks-tipe. Jika baris file tersebut diakhiri oleh CR, CRLF, atau Nel, bukan Unix-LF standar, ini akan dilaporkan. File yang mengandung escape sequence tertanam atau overstriking juga akan diidentifikasi.

Setelah file telah menetapkan set karakter yang digunakan dalam file teks-type, maka program akan mencoba menentukan dalam bahasa apa file ditulis. Tes bahasa mencari string tertentu (names.h cf) yang dapat muncul di mana saja di beberapa blok pertama dari file. Misalnya, kata kunci br menunjukkan. Bahwa file tersebut kemungkinan besar troff (1) file input, sama seperti kata kunci struct menunjukkan program C. Tes ini kurang dapat diandalkan dibandingkan dengan dua kelompok sebelumnya, sehingga mereka terakhir dilakukan. Tes Bahasa rutin juga menguji untuk beberapa varia (seperti tar (1) arsip).

Setiap file yang tidak dapat diidentifikasi sebagai telah ditulis dalam karakter set yang tercantum di atas hanya dikatakan data ``''.

PILIHAN

-B = Jangan tambahkan nama file ke baris output (mode singkat).
-C = Penyebab printout memeriksa dari bentuk diurai dari file sihir. Ini biasanya digunakan bersama dengan-m untuk debug file ajaib baru sebelum memasangnya.
-D = Menulis file output magic.mgc yang berisi versi pre-parsing file.
-F = namefile Bacalah nama-nama file yang akan diperiksa dari namefile (satu per baris) sebelum daftar argumen. Entah namefile atau setidaknya satu argumen nama file harus hadir, untuk menguji masukan digunakan, standar ``-'' sebagai argumen nama file.
-I = Penyebab perintah file untuk string jenis keluaran mime daripada yang lebih tradisional mudah dibaca manusia. Sehingga dapat dikatakan `` text / plain; charset = us-ascii''daripada''`` teks ASCII. Agar opsi ini untuk bekerja, perubahan file cara menangani file diakui oleh perintah itu sendiri (seperti banyak jenis file teks, direktori dll), dan membuat penggunaan sihir''`` alternatif file. (Lihat `` bagian FILES'', di bawah).
-K = Jangan berhenti pada pertandingan pertama, terus berjalan.
-M = daftarTentukan daftar alternatif file berisi angka ajaib. Ini bisa menjadi file tunggal, atau daftar dipisahkan oleh titik dua file.
-N = Angkatan stdout akan memerah setelah memeriksa setiap file. Ini hanya berguna jika memeriksa daftar file. Hal ini dimaksudkan untuk digunakan oleh program yang ingin filetype output dari pipa.
-V = Cetak versi program dan keluar.
-Z = Cobalah untuk melihat ke dalam file yang dipadatkan.
-L = pilihan menyebabkan symlink yang harus diikuti, karena seperti-nama pilihan di ls (1).(Pada sistem yang mendukung link simbolik).
-S = Biasanya, file hanya berusaha untuk membaca dan menentukan jenis file argumen yang stat (2) Laporan adalah file biasa. Hal ini mencegah masalah, karena membaca file khusus dapat memiliki konsekuensi yang aneh. Menentukan pilihan-s menyebabkan file untuk juga membaca file argumen yang memblokir atau karakter file khusus. Hal ini berguna untuk menentukan jenis filesystem data dalam partisi disk mentah, yang blok file khusus. Opsi ini juga menyebabkan file untuk mengabaikan ukuran file seperti yang dilaporkan oleh stat (2) karena pada beberapa sistem itu laporan ukuran nol untuk partisi disk mentah.

LIHAT JUGA

deskripsi format file megic.
string (1), od (1), hexdump (1) - alat untuk memeriksa non-Berkas Teks.
STANDAR Kesesuaian

Program ini diyakini melebihi System V Interface Definisi FILE (CMD), sedekat yang bisa menentukan dari bahasa samar terkandung di dalamnya. perilaku adalah sebagian besar kompatibel dengan program System V dengan nama yang sama. Versi ini lebih tahu sihir, bagaimanapun, sehingga akan menghasilkan yang berbeda (meskipun lebih akurat) output dalam banyak kasus.
Perbedaan yang signifikan antara versi ini dan System V adalah bahwa versi ini memperlakukan setiap ruang putih sebagai pembatas, sehingga ruang dalam string pola harus diganti. Misalnya,
Gt] 10 bahasa string terkesan (Impress data)

dalam file sihir yang ada harus diubah menjadi
Gt] 10 bahasa string \ terkesan (Impress data)

Selain itu, dalam versi ini, jika pola berisi string backslash, itu harus di-escape.Misalnya
0 string \ begindata Andrew Toolkit dokumen

dalam file sihir yang ada harus diubah menjadi
0 string \ \ begindata Andrew Toolkit dokumen

SunOS rilis 3.2 dan kemudian dari Sun Microsystems menyertakan file (1) perintah yang berasal dari System V satu, tetapi dengan beberapa ekstensi. versi saya berbeda dari Sun hanya dengan cara kecil. Ini mencakup perpanjangan operator `Am] ', yang digunakan sebagai, misalnya,
Gt] 16 longAm] 0x7fffffff Gt] 0 tidak dilucuti


MAGIC DIREKTORI

Entri magic file telah dikumpulkan dari berbagai sumber, terutama USENET, dan kontribusi dari berbagai penulis. Christos Zoulas (alamat di bawah) akan mengumpulkan tambahan atau diperbaiki entri magic file. Sebuah konsolidasi entri magic file akan didistribusikan secara berkala.
Urutan entri pada file sihir adalah signifikan. Tergantung pada sistem apa yang anda gunakan, agar mereka disatukan mungkin salah. Jika perintah berkas lama Anda menggunakan file sihir, membiarkan file sihir tua sekitar untuk tujuan perbandingan (rename ke / usr / share / magic.orig).

CONTOH

$ File file file.c / dev / {wd0a, hda}
file.c: C teks program
file: ELF 32-bit LSB executable, Intel 80386, versi 1 (SysV),
          terkait secara dinamis (menggunakan shared libs), stripped
/ Dev/wd0a: block spesial (0 / 0)
/ Dev / hda: block spesial (3 / 0)
$ File-s / dev/wd0 {b, d}
/ Dev/wd0b: data
/ Dev/wd0d: x86 boot sector
$ File-s / dev / hda {, 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10}
/ Dev / hda: x86 boot sector
/ Dev/hda1: Linux/i386 ext2 filesystem
/ Dev/hda2: x86 boot sector
/ Dev/hda3: x86 sektor boot, tabel partisi extended
/ Dev/hda4: Linux/i386 ext2 filesystem
/ Dev/hda5: Linux/i386 file swap
/ Dev/hda6: Linux/i386 file swap
/ Dev/hda7: Linux/i386 file swap
/ Dev/hda8: Linux/i386 file swap
/ Dev/hda9: kosong
/ Dev/hda10: kosong

$ File-i file file.c / dev / {wd0a, hda}
file.c: text / x-c
file: application / x-executable, dynamically linked (menggunakan shared libs),
tidak dilucuti
/ Dev / hda: application / x-tidak-biasa-file
/ Dev/wd0a: application / x-tidak-biasa-file

0 komentar:

Posting Komentar